VAISESIKA
DARSANA
(Oleh:
Ketut Eny Yunita)
I. Pendahuluan
Secara etimologis, kata Dharsana
berasal dari akar kata drś yang bermakna "melihat", menjadi kata dharśana yang berarti
"penglihatan" atau "pandangan". Dalam ajaran filsafat hindu, Dharśana berarti pandangan
tentang kebenaran/Filsafat (Ngurah,dkk.1999). Jadi Sad Dharśana berarti Enam
pandangan tentang kebenaran, yang mana merupakan dasar dari Filsafat Hindu. Semua metode
filsafat ini menuju ke pengetahuan mengenai Kebenaran Mutlak dan Kebebasan Roh.
Nama atau istilah lainnya yang berhubungan dengan darsana yaitu:
1. Tattva: kata
ini berasal dari kata “tat” yang artinya ‘itu’ yang dimaksud adalah ‘hakekat
atau kebenaran’.
2. Mananasastra:
kata ini berarti pemikiran atau renungan filsafat.
3. Vicarasastra:
kata ini pertimbangan,renungan,penyelidikan , dan keragu-raguan yang dimaksud
adalah menyelidiki tentang ‘kebenaran filsafat’.
4. Tarka:
artinya spekulasi. Tarkika berarti orang yang ahli filsafat .
5. Sraddha:
kata ini berarti keyakinan atau keimanan (Karda,2007).
Darsana atau filsafat india dibedakan atas dua
kelompok,yaitu :
1. Pandangan
yang orthodox,disebut juga
Astika. Kelompok ini mengakui otoritas dan kemutlakan kitab suci Veda sebagai
sabda Tuhan Yang Maha Esa yang merupakan sumber ajarannya. Kelompok ini
terdiri dari Samkhya, Yoga, Mimamsa,
Vaisesika, Nyaya, dan Vedanta. Keenamnya sring disebut Sad Darsana atau Darsana saja dan bila kita
membicarakan filsafat Hindu,maka yang dimaksud adalah sad darsana ini
(sura,dkk:1994)
.
2. Pandangan
yang Hetrodox disebut juga
Nastika. Filsafat ini tidak mengakui kebenaran dan kewenangan Veda. Kelompok
ini terdiri dari 3 aliran filsafat, yaitu : Carvaka, Budda, dan Jaina
(Musna,1986).
Hubungan Veda dengan Darsana, dimana veda merupakan sabda suci atau wahyu
Tuhan Yang Maha Esa yang menjadi sumber ajaran agama Hindu sedangkan darsana adalah pandangan maharsi atau
para ahli tentang kebenaran ajaran veda dan alam semesta. Darsana (Astika)
menjadikan Veda sebagai sumber kajian. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk
memudahkan pemahaman terhadap ajaran yang terkandung dalam kitab suci. Dengan
mempelajari Darsana akan lebih mudah mempelajari kitab suci. Darsana memberikan
pencerahan bagi umat dalam memahami serta mengamalkan ajaran agama.
Vaishesika dan Nyaya Darsana bersesuaian dalam
prinsip pokok mereka, seperti sifat dan hakekat sang Diri dan teori atom alam
semesta, dan dikatakan pula bahwa Vaishesika
merupakan tambahan dari filsafat Nyaya,
yang memiliki analisa pengalaman sebagai obyektif utamanya (Maswinara, 1999).
Jika ke empat sistem
pemikiran India lainnya (samkhya, yoga,
purva-mimamsa, dan vedanta) adalah bersifat spekulatif,
dalam arti bahwa mereka menjelaskan alam semesta sebagai satu kesatuan
menyeluruh, maka sistem Nyaya-vaishesika
mewakili tipe filsafat analitis serta menjunjung tinggi akal sehat dan sains.
Ciri khas sistem nyaya adalah
penggunaan metode sebagai sains, yakni pemeriksaan logis dan kritis.
Sistem Nyaya dan Vaishesika
mengambil pengertian dasar filsafat tradisional tentang ruang, waktu, sebab,
materi, pikiran, jiwa dan pengetahuan, mengeksplorasi arti bagi pengalaman dan
menyusun hasilnya menjadi sebuah teori tentang alam semesta. Bagian yang logis
dan fisik menjadi ciri utama dalam tradisi Nyaya-Vaishesika. Sistem Nyaya
menjelaskan mekanisme pengetahuan secara mendetail serta berargumen melawan
skeptisisme yang menyatakan bahwa tidak ada yang pasti. Sedangkan sistem Vaishesika memiliki tujuan untuk
menganalisis pengalaman (sharma,2000).
II.
Pembahasan
2.1 Pendiri dan sumber ajarannya.
Vaishesika yang merupakan salah satu aliran
filsafat India yang tergolong ke dalam Sad Darsana agaknya lebih tua
dibandingkan dengan filsafat Nyaya. Waisesika muncul pada abad ke-4 SM,
dengan tokohnya ialah Kanada (Ulaka).
Sistem ini juga dikenal sebagai Aulukya darsana dan juga dengan
nama Kasyapa dan dianggap seorang Deva-rsi (Maswinara, 1999;142)
Buku karyanya adalah Waisesika-Sutra
yang merupakan sumber dari ajaran Waisesika dengan Nyaya, sehingga
banyak para filosof menyebutnya Nyaya-Waisesika.
Tujuan pokok Vaishesika bersifat metafisis. Isi pokok ajarannya
menerangkan tentang Dharma, yaitu
apa yang memberikan kelepasan yang menentukan (Ngurah,dkk.1999).
2.2 Pokok -
pokok ajarannya
Padartha dan Vaisesika darsana, seperti yang disebutkan oleh rsi
Kanada sebenarnya hanya 6 buah kategori, namun satu katagori ditambahkan
oleh penulis-penulis berikutnya, sehingga akhirnya berjumlah 7 katagori (padartha),
yaitu
1. Substansi (drawya).
Substansi adalah zat yang ada dengan sendirinya dan bebas dari pengaruh unsur-unsur
lain. Namun unsur lain tidak dapat ada tanpa substansi. Substansi (drawya)
dapat menjadi sebab yang melekat pada apa yang dijadikannya. Atau drawya dapat
menjadi tidak ada pada apa yang dihasilkannya. Contoh : tanah sebagai substansi
telah terdapat pada periuk yang terjadi dari tanah.Jadi tanah itu selalu dan
telah ada pada apa yang di hasilkannya, sedangkan periuk itu tidak dapat
terjadi tanpa substansi (tanah). Demikian pula halnya kategori lain tidak dapat
ada tanpa substansi (zat) seperti :beraneka ragam minuman tidak dapat terjadi
tanpa air (zat cair), tapi air dapat ada walaupun tidak adanya bermacam-macam minuman.
Ada sembilan substansi yang dinyatakan oleh Waisesika yaitu : (1) Tanah
(prthivi); (2) Air (apah, jala);
(3) Api (tejas); (4) Udara (vayu); (5) Ether (akasha); (6)
Waktu (kala); (7) ruang (dik); (8) diri (atman); (9)
pikiran (manas). Semua substansi tersebut diatas riel, tetap dan kekal.
Namun hanya udara, waktu, akasa bersifat tak terbatas. Kombinasi dari sembilan
itulah membentuk alam semesta beserta isinya menjadikan hukum-hukumnya yang
berlaku terhadap semua yang ada di alam ini baik bersifat physik maupun yang
bersifat rohaniah.
Adapun yang termasuk substansi badani (physik) adalah : bumi, air, api,
udara, ruang, waktu dan akasa. Sedang yang tergolong substansi rohaniah terdiri
dari akal (manas/pikiran), diri (atman/jiwa). Kedua substansi rohaniah ini
bersifat kekal dan pada setiap mahluk (manusia) hanya terdapat satu jiwa dan
satu manas. Demikianlah pribadi (diri/atma) itu bersifat individu dan menjadi
sumber kesadaran setiap mahluk yang senantiasa berhubungan dengan kegiatan
badani (physik). Setiap pribadi (atma) memiliki manas tersendiri yang dipakai
sebagai alat untuk mengenal dan mengalami segala sesuatu melalui alat physik
termasuk juga dipakai sebagai alat untuk mencapai kebebasan. Namun di lain
pihak manas juga diakui dapat menyebabkan kelahiran kembali.
Oleh karena setiap mahluk (manusia) di jiwai oleh pribadi (jiwa/atma).
Maka pandangan Waisesika terhadap jiwa adalah riil dan pluralis, yaitu jiwa itu
benar-benar ada dan tak terbatas jumlahnya.
2. Kualitas (guna).
Guna ialah keadaan atau sifat dari suatu substansi. Guna sesungguhnya
nyata dan terpisah dari benda (substansi) namun tidak dapat dipisahkan secara
mutlak dari substansi yang diberi sifat.
Guna atau sifat-sifat atau ciri-ciri dari substansi yang jumlahnya ada
24, yaitu : (1) warna (rupa) ; (2) rasa (rasa); (3) bau (gandha); (4)
sentuhan/raba (sparsa); (5) jumlah (samkhya); (6) ukuran (parimana); (7)
keaneragaman (prthaktva); (8) persekutuan (samyoga); (9) keterpisahan
(vibhaga); (10) keterpencilan (paratva); (11) kedekatan (aparatva); (12) bobot
(gurutva); (13) kecairan/keenceran (dravatva); (14) kekentalan (sneha); (15)
suara (sabda); (16) pemahaman/pengetahuan (buddhi/jnana); (17) kesenangan
(sukha); (18) penderitaan (dukha); (19) kehendak (iccha); (20)
kebencian/keengganan (dvesa); (21) usaha (prayatna); (22) kebajikan/manfaat
(dharma); (23) kekurangan/cacat (adharma); dan (24) sifat pembiakan sendiri
(samskara). Sejumlah 8 sifat yaitu : buddhi/jnana, iccha, dvesa, sukha,
dukha, dharma, adharma dan prayatna merupakan milik dari roh,
sedangkan 16 lainnya merupakan milik dari substansi material.
3. Aktifitas (karma).
Karma mewakili berbagai jenis gerak (movement) yang berhubungan dengan
unsur dan kualitas, namun juga memiliki realitas mandiri.
Tidak semua substansi (zat) dapat bergerak. Hanya substansi yang
bersifat terbatas saja dapat bergerak atau mengubah tempatnya. Sedangkan
substansi yang tak terbatas (atma, hawa nafsu dan akasa) tidak dapat bergerak
karena telah memenuhi segala yang ada.
Gerakan-gerakan dari benda-benda di alam ini bukan bersumber dari
dirinya, melainkan ada sesuatu yang berkesadaran yang menjadi sumber gerakan
itu. Benda-benda hanya dapat menerima gerakan dari sesuatu yang berkesadaran.
Bila terlihat kenyataan yang terjadi di alam ini seperti adanya hembusan angin,
peredaran bumi dan planet-planet, maka tentu ada sumber penggerak yang
adikodrati. Sumber yang adikodrati itulah Tuhan.
Karena Tuhan sebagai sumber gerakan alam ini, maka Tuhan Maha mengetahui
segala gerak dan perilaku benda-benda di alam ini. Termasuk mengetahui benar
perilaku (karma) manusia.
Ada 5 macam gerak, yaitu : (1) Utksepana (gerakan ke atas); (2) Avaksepana
(gerakan ke bawah); (3) A-kuncana
(gerakan membengkok); (4) Prasarana (gerakan mengembang); (5) Gamana (gerakan
menjauh atau mendekat).
4. Universalia (samanya).
Samanya, bersifat umum yang
menyangkut 2 permasalahan, yaitu : (i) sifat umum yang lebih tinggi dan lebih rendah
(ii) jenis kelamin dan spesies.
Dalam epistemologi, hal ini mirip dengan konsep universalia dan agak mirip dengan idenya Plato. Ia ada dalam semua dan dalam masing-masing objek, namun tidak berbeda dalam objek partikular yang berbeda. Karena nya ide ‘kesapian’ adalah tunggal dan tidak dapat dianalisis. Ide itu selalu hidup, tetapi tidak dapat dimengerti melalui dirinya sendiri, namun hanya melalui seekor ‘sapi’ khusus. Walaupun tampak bersama, namun ‘sapi’ dan ‘kesapian’ dipahami sebagai dua entitas berbeda. Dari universalia-universalia ini, ‘Ada’ (Being, Satta) adalah yang tertinggi, karena ia memberikan ciri pada banyak sekali entitas.
Dalam epistemologi, hal ini mirip dengan konsep universalia dan agak mirip dengan idenya Plato. Ia ada dalam semua dan dalam masing-masing objek, namun tidak berbeda dalam objek partikular yang berbeda. Karena nya ide ‘kesapian’ adalah tunggal dan tidak dapat dianalisis. Ide itu selalu hidup, tetapi tidak dapat dimengerti melalui dirinya sendiri, namun hanya melalui seekor ‘sapi’ khusus. Walaupun tampak bersama, namun ‘sapi’ dan ‘kesapian’ dipahami sebagai dua entitas berbeda. Dari universalia-universalia ini, ‘Ada’ (Being, Satta) adalah yang tertinggi, karena ia memberikan ciri pada banyak sekali entitas.
5. Individualitas (visesa).
Kategori ini menunjukkan ciri atau sifat yang membedakan sebuah objek
dari objek lainnya. Sistem Vaishesika diturunkan dari kata ‘Visesha’,
dan merupakan aspek objek yang mendapat penekanan khusus dari para filsuf Vaishesika. Kategori ini berurusan
dengan ciri-ciri khusus ke sembilan substansi (dravyas). Dalam sistem Vaishesika,
unsur tanah, air, api, udara, dan pikiran dibangun dari atom (paramanu),
sedangkan eter, ruang, waktu dan jiwa dianggap sebagai substansi sangat khusus
tanpa dimensi atau visibilitas.
6. Hubungan Niscaya (samavaya).
Dimensi objek ini menunjukkan hakikat hubungan yang mungkin antara
kualitas-kualitasnya yang inheren. Hubungan ini dapat dilihat bersifat
sementara (samyoga) atau permanen (samavaya). Samyoga
adalah hubungan sementara seperti antara sebuah buku dan tangan yang
memegangnya. Hubungan selesai ketika buku dilepaskan dari tamgan. Di sisi lain,
samavaya adalah sebuah hubungan yang tetap dan hanya berakhir ketika
salah satu di antara keduanya dihancurkan.
Ada lima jenis hubungan yang tetap dan entitas yang tetap atau tidak
terpisahkan ini (ayuta-siddha):
1. Hubungan keseluruhan dengan bagian-bagiannya, seperti sehelai kain dan
benang-benangnya.
2. Hubungan kualitas dengan objek yang memilikinya, seperti kendi air dan
warna merahnya.
3. Hubungan antara tindakan dan pelakunya, seperti tindakan melompat dan
kuda yang melakukannya.
4. Hubungan antara partikular dengan yang universal, ibarat satu jenis sapi
dengan seekor sapi atau bangsa jepang dan seorang jepang.
5. Hubungan antara substansi kekal dan substansi khusus. Menurut sistem Vaishesika,
partikel subatomis (paramanu) setiap substansi abadi memiliki
ciri-ciri khusus yang tidak membiarkan atom dari satu substansi bercampur
dengan atom substansi lainnya. Ciri khusus (Visesha) dipertahankan oleh
partikel subatomis masing-masing melalui ‘hubungan tak terpisahkan’ (samavaya).
7. Penyangkalan, Negasi, Non-Eksistensi (abhava).
Kategori ini menunjukkan sebuah objek yang telah terurai atau larut ke
dalam partikel subatomis terpisah melalui pelarutan universal (mahapralaya)
dan ke dalam ketiadaan (nothingness). Semua benda-benda yang ada dan bernama
digolongkan sebagai bhava, sedangkan entitas yang sudah tidak ada
digolongkan sebagai abhava. Sebenarnya kategori ini bukan merupakan
sebuah klasifikasi seperti kategori lainnya, namun hanya modus pengaturan
negatif. Abhava, yang merupakan kategori ke 7, ada 4 macam, yaitu :
1. Pragabhava, yaitu ketidak adaan dari suatu benda
sebelumnya contohnya : ketidak adaan periuk sebelum dibuat oleh pengrajin
periuk.
2. Dhvansabhava, yaitu penghentian
keberadaan, misalnya periuk yang
dipecahkan; dimana dalam pecahan periuk itu tak ada periuk.
3. Atyantabhava, atau ketidak adaan
timbal balik, seperti misalnya udara yang dari dulu tidak pernah berwarna atau
pun berbentuk. Ketiga ketidak adaan ini disebut sebagai Samsarga-bhava, yaitu
ketidak adaan suatu benda dalam benda yang lain.
4. Anyonyabhava, atau ketidak adaan
mutlak , dimana antara benda yang satu sama sekali tidak ada persamaannya
dengan yang lain, seperti sebuah periuk yang tidak sama dengan sepotong
pakaian, demikian pula sebaliknya.
III. Penutup
Sistem filsafat Vaishesika
menggunakan tujuh kategori (padarthas)untuk menganalisis secara
menyeluruh, baik komponen yang ditemukan dalam alam dan hubungan yang terletak
diantara mereka, agar dapat memanfaatkannya untuk tujuan material. Berbeda dari
sistem filsafat lainnya, filsafat Nyaya tidak secara langsung melibatkan
diri dengan tujuan pembebasan (moksha).
Alasannya adalah karena jiwa yang terikat, seperti yang dijelaskan oleh Patanjali
dalam Yoga Sutra (II, 18). Namun, fokus sistem Nyaya-Vaishesika
terletak pada tujuan awal dari jiwa-jiwa yang terikat, pengertian serta
penguasaan pada penciptaan fisik.
Daftar Pustaka
Maswinara
I Wayan.1999.Sistem Filsafat Hindu.Surabaya.Paramita
Ngurah
I Gusti Made,dkk.1999.Buku Pendidikan Agama Hindu.Surabaya.Paramita
Musna
I Wayan.1986.Pengantar Filsafat Hindu Sad Darsana.Denpasar.CV.Kayumas
Karda
I Made, dkk.2007.Sistem Pendidikan Agama Hindu.Surabaya.Paramita
Sharma
Arvind.2000.Agama Hindu.Surabaya.Paramita
Sura
I Gede,dkk.1994.Agama Hindu Sebuah Pengantar.Denpasar.CV Kayumas Agung
http://zeinridwan.blogspot.com/2012/11/filsafat-vaisesika.html
http://kritisfrombali.blogspot.com/2011/08/filsafat-india.html
http://dharmajayantipande.blogspot.com/2011/10/pengertian-darsana.html
http://ikawahy.blogspot.com/2012/12/sad-darsana.html
http://kajianhinduisme.blogspot.com/2012/12/filsafat-wedanta.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar